Doing nothing: Berkenalan dengan mindfulness

This slideshow requires JavaScript.

Mindfulness sebagai sebuah praktik didukung oleh tiga landasan. Pertama, secara filosofis mindfulness adalah alat untuk memahami bagaimana mind bekerja dan melatih melihat realita apa adanya, sejernih mungkin. Kedua, secara ilmiah riset yang dilakukan institusi kelas dunia Oxford Mindfulness Centre dan Centre for Mindfulness in Medicine, Health Care, and Society University of Massachusetts membuktikan bahwa mindfulness menghasilkan beragam manfaat seperti menurunkan tingkat kortisol dan tekanan darah (keduanya penanda terjadinya stres), meningkatkan respons kekebalan tubuh, bahkan menunjukkan manfaat sampai ke level gen. Ketiga, secara aplikatif praktik mindfulness dapat diterapkan dalam beragam situasi dan kondisi. Program pelatihan mindfulness sudah banyak digunakan oleh perusahaan internasional seperti Google, Intel, dan Goldman Sachs.

Meskipun demikian, mindfulness di Indonesia masih dipandang sebagai sebuah istilah asing. Pengenalan mindfulness kepada masyarakat sudah saatnya dilakukan. Satu langkah awal yang dapat ditempuh adalah mengadakan kegiatan dimana masyarakat, khususnya mahasiswa, dapat mengenal lebih dalam tentang mindfulness beserta teknik aplikasinya. Kegiatan ini sekaligus merupakan bentuk dari kontribusi akademisi untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mengenalkan sebuah praktik bermanfaat yang telah teruji secara ilmiah.

Pembicara dalam sesi seminar:

  1. Wahyu Wicaksono, PhD (Peneliti di bidang philosophy of mind Mahidol University, Thailand).
  2. Cleoputri Yusainy, PhD (Dosen Psikologi FISIP Universitas Brawijaya).
  3. Ignatius Ryan Jeffri, SPsi (Peneliti bidang Placebo Reseach Group).

Pemandu workshop: Adjie Silarus (Praktisi mindfulness dan penulis buku Sejenak Hening dan Sadar Penuh, Hadir Utuh. Sukkhacitta Academy, Jakarta).

Seminar dan workshop ini digagas oleh Placebo Research Group dan didukung oleh Program Studi Psikologi FISIP Universitas Brawijaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s